Mengamankan Akun FACEBOOK

Anda khawatir account Facebook Anda dicuri oleh oarng yang tidak bertanggung jawab? Saya akan membagi salah satu cara untuk mengamankan account Facebook kita.

1.Silahkan login ke account Facebook Anda.
2.Masuk ke bagian Account -  Pengaturan Account. Anda akan dihadapkan pada tab Settings.
3.Klik changeganti pada bagian bagian Keamanan Account sehingga muncul beberapa options.
4.Ada 3 options yaitu Secure Browsing (https), Login Notifications dan Login Approvals
  • Pada Jelajah Aman (https)dicentang maka browser Anda bekerja menggunakan HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure) yang berfungsi untuk mengamankan data Anda saat menggunakan Facebook agar tidak bisa dibaca jika ada yang mencoba melakukan sniffing.
  • Pada bagian 
  • Dan pada bagian Persetujuan Masuk ke Facebook
    Bilamana ada komputer atau perangkat yang tidak dikenal mencoba mengakses akun saya:
     
    maka Facebook akan mengirimkan SMS kode ke handphone kita jika ada orang lain yg mencoba login dari komputer atau device yang tidak biasa kita gunakan. Kode tersebut digunakan untuk login ke account kita.
5.Silahkan beri tanda centang pada bagian Secure Browsing dan Login Notifications. Sebenarnya jika Anda memberikan tanda centang pada bagian Login Approvals, maka akan sangat menyulitkan pencuri account Facebook. Sayangnya saat saya coba mengaktifkannya dan menunggu beberapa lama, tidak ada SMS yang masuk dari Facebook.
Artikel diatas hanya sebagian cara untuk mengamankan account Facebook. Cara yang biasa digunakan pencuri account adalah dengan mengunakan teknik phishing yaitu dengan membuat halaman login palsu yang mirip dengan halaman login Facebook dan anda digiring untuk login di sana. Pastikan link pada address bar browser anda mengarah ke facebook.com saat ingin login. Silahkan buka google dan ketikkan fake login page ataupun phishing jika ingin mengetahui lebih detail tentang tentang teknik tersebut. Cara lain yang sering digunakan adalah dengan memasang keylogger pada komputer umum misalkan komputer di warnet, komputer umum di kampus dan sebagainya. Fungsi keylogger adalah merekam setiap ketikan keyboard kita. Untuk meminimalisir teknik ini, usahakan jangan menggunakan komputer umum untuk login.

Semoga Bermanfaat.

Digg it StumbleUpon del.icio.us

Kirim Email ke Saya

Contact Form
 
Copyright 2010 Sengeti Net
Carbon 12 Blogger template by Blogger Bits. Supported by Bloggermint